Sambutan Jak-Japan Matsuri



Kepada Warga Jakarta dan sekitarnya serta warga Jepang di Indonesia

Pada tahun 2008, sebuah event peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang diselenggarakan dan pada saat itu ada pemikiran bagaimana agar nyala api persahabatan yang berkobar dapat terus terjaga dengan baik. Dari niat tersebut berkumpullah warga Jepang yang mencintai Indonesia, diikuti dengan munculnya simpati dari warga ibu kota Jakarta dan pemerintah DKI Jakarta, sehingga dengan berpijak pada persahabatan yang telah terbina selama 50 tahun lalu itu, lahirlah ”Jak-Japan Matsuri (JJM)” yang dengan harapan bahwa sekalipun zaman berubah namun kizuna (ikatan persahabatan) kedua negara, akan semakin lebih luas dan kuat. Sejak itu JJM dilaksanakan setiap tahunnya dan bulan September tahun ini, akan menjadi penyelenggaraan JJM yang ke-9.

Dewasa ini, beragam pertukaran di tengah masyarakat kedua negara terselenggara dengan aktif. Kami senang apabila JJM sedikit banyak dikatakan dapat berkontribusi bagi eratnya persahabatan ini, ditengah budaya pop culture Jepang seperti anime, manga, cosplay pun diakui dan dikenal akrab sebagai budaya baru Jepang di Indonesia. Pertukaran pada tingkat pemerintah di antara kedua negara pun aktif diselenggarakan dan diharapkan pertukaran di tingkat masyarakat pun akan semakin aktif. Di tengah kecenderungan seperti ini, penyelenggaraan JJM bertujuan untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan pertukaran san saling pengertian ditingkat masyarakat.

Kami harapkan pengertian, partisipasi dan kerja sama yang aktif dari Anda semua pada JJM tahun ini. Adapun biaya penyelenggaraan acara Jak-Japan Matsuri bersumber dari dana sponsorship dari banyak perusahaan dan pihak terkait yang sepakat untuk mendukung konsep dan tujuan acara ini. Oleh karena itu, sekali lagi kami mohon kesediaan Anda untuk mendukung acara Jak-Japan Matsuri.

Dalam proposal ini pun kami menyampaikan rincian terkait program sponsorship. Apabila ada hal-hal yang memerlukan penjelasan terkait sponsorship ini, Anda dapat menghubungi tim penggalang dana (Fund Raising Team) Jak-Japan Matsuri, yang terbentuk dari para sukarelawan.

Sejak awal penyelenggaraan, JJM mendapat dukungan dan kerja sama baik dari Pemda DKI Jakarta dan kami pun sebagai penyelenggara ingin agar JJM dapat menjadi tempat bagi warga Jepang di Jabodetabek untuk dapat bersentuhan langsung dan lebih mengenal budaya Indonesia, khususnya budaya Betawi. Hal ini kami harap dapat memperdalam saling pengertian diantara masyarakat kedua negara, yang mana merupakan tujuan penyelenggaraan Jak-Japan Matsuri.

Tahun ini kami menyambut penyelenggaraan JJM yang ke-9. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang hangat dan semangat yang kuat dalam menyukseskan penyelenggaraan JJM selama 8 tahun terakhir. Untuk tahun ini, JJM mengangkat tema “Indonesia – Japan Always Together”, dengan harapan Indonesia dan Jepang selalu menyatukan tenaga untuk mengatasi semua tantangan.

Semoga api persahabatan masyarakat kedua negara berkobar semakin kuat dan untuk itu kami mohon dukungan dan kerja sama Anda semua.




Maksud dan Tujuan


  1. Menjadikan Jak-Japan Matsuri tahun 2017, menjadi acara yang lebih meriah dan lebih bermakna sehingga dapat memperluas dan memperdalam persahabatan kita.
  2. Jak-Japan Matsuri (JJM) telah mendapat perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia dengan banyaknya acara kegiatan serupa di beberapa pelosok tanah air. Jak-Japan Matsuri (JJM) tahun ini memasuki tahun ke-9, pertukaran kebudayaan Indonesia dan Jepang semakin aktif.  Tujuan untuk menyelenggarakan kegiatan akar-rumput ini adalah untuk dapat berkontribusi bagi persahabatan antara masyarakat kedua negara, dan dapat berkesinambungan hingga pelaksanaan JJM ke-10 tahun depan yang bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.

Target Pengunjung


TARGET UTAMA:

Pengunjung pria dan wanita, dengan latar belakang pelajar/mahasiswa, Komunitas musik Jepang, Komunitas CostPlay Jepang, Masyarakat Umum Pelaku dan Penggemar Kebudayaan Jepang dan lain-lain.

TARGET PENGUNJUNG SEKUNDER:

Pelaku Seni dan kebudayaan dan Masyarakat umum yang memiliki keingintahuan akan budaya jepang serta produk-produk atau gaya hidup masyarakat Jepang.

TARGET JUMLAH PENGUNJUNG :

Per harinya Jumlah pengunjung ditargetkan 15.000 pengunjung, untuk 2 hari pelaksanaan ditargetkan lebih dari 30.000 pengunjung



Acara


Selama dua hari penyelenggaraan JJM 2017 akan diisi oleh berbagai macam rangkaian kegiatan, diantaranya performance artis di main stage dan mini stage.


Lokasi Kegiatan


about-me



<

(c) 2017